24/11/10

Kenapa Tujuan Hidup Itu Penting?

tujuan hidupWah sudah lama gak posting neh..terkesima dengan pemberitaan media cetak ataupun elektronik yang bertemakan tentang gayus dan penyiksaan TKI,miris dan sedih melihat beritanya. Saya rasa setiap orang setelah mendengar berita tersebut,pasti mempunyai harapan agar bangsa Indonesia bisa lebih baik dan bermartabat tidak dipandang sebelah mata oleh bangsa lain. Berbanding terbalik kehidupan para koruptor dengan para TKI..tapi itulah realita kehidupan,yang semuanya mempunyai tujuan hidup masing-masing..

Bicara masalah tujuan hidup...
Kenapa tujuan itu menjadi penting?? Pernahkah pertanyaan ini hinggap di dalam pikiran sobat?
Seringkali kita dengar orang yang mengatakan bahwa hidup ini harus memiliki tujuan yang jelas. Karena hidup tanpa tujuan yang jelas bagai kapal yang terombang-ambing di lautan. Kaya puisi aja...he..he..

Jika mengambil analogi sederhana, bisa kita lihat pada permainan sepakbola. Seperti yang sobat ketahui, pemain sepak bola masing-masing ada 11 kan, 1 penjaga gawang dan 10 pemain di lapangannya. Nah.. tujuan dari permainan bola itu apa ?

Yupz...tepat sekali, tujuan tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mencetak gol. Gol itulah tujuannya. Trus kemana Gol itu harus disarangkan ? tentu saja ke gawang... masa ke penonton...he..he... peace ..

Trus yang lebih simple bin sederhana lagi nih. Pernah lihat perlombaan lari? Pasti pernah dong, bahkan mungkin pernah ikut lomba juga ^_^ . Nah, lomba lari tu kan pasti ada garis awal yang biasa dikenal dengan garis start trus ada lagi garis akhir yang biasa disebut garis finish.

Artinya peserta lomba lari itu memiliki tujuan untuk mencapai garis finish lebih cepat daripada peserta lainnya bukan :-) sehingga dia bisa memenangkan pertandingan tersebut, tapi tunggu dulu, lantas..jika sudah ada pemenangnya, apakah peserta yang lain akan berhenti untuk berlari ??

Benar... mereka tidak akan berhenti sebelum mencapai garis finish, kenapa ? karena mereka dikatakan telah mengikuti lomba tersebut jika memulai dari garis start dan mengakhirinya di garis finish. Itulah tujuan mereka, untuk mencapai garis finish.

Begitu juga pada balapan-balapan lainnya, tidak ada peserta yang berhenti sebelum mencapai tujuan mereka yaitu garis finish. Lantas, apa hubungannya dengan judul artikel yang saya tulis kali ini?

Kenapa tujuan menjadi penting ? demikian judul yang saya tulis, dari beberapa analogi diatas kita dapat menarik sebuah kesimpulan, bahwa tanpa tujuan yang jelas kita tidak akan tau kemana arah kita melangkah, benar?

Kemudian, tanpa ada tujuan yang jelas, kita akan banyak membuang-buang waktu karena kita tidak tau mau ngapain. Ketika kita ingin membangun sebuah usaha, kita tidak menentukan tujuan kita, maka yang kita dapat adalah banyak keluar modal untuk coba sana coba sini. Betul?

Dan pada akhirnya yang kita dapatkan hanyalah kekecewaan karena tidak ada satupun usaha yang kita rintis berhasil. Padahal, hanya karena pada awalnya kita tidak menentukan tujuan yang jelas, untuk apa, kapan, bagaimana, dengan apa kita merintis usaha tersebut.

So.. tentukan tujuan dan buat target pencapaian jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Semoga bermanfaat. SUKSES !!!!


8 komentar:

Saung Web on 24 November 2010 pukul 18.42 mengatakan...

Segala sesuatu itu memang mesti punya tujuan.. sebab rencana dan proses ada karena adanya tujuan.. Setiap orang punya tujuan yg berbeda termasuk dalam hidupnya.. kecuali orang yang beriman kepada Allah SWT bahwa tujuan akhirnya tentu mardotillah.. bagetoh.. sob

Link Tea on 24 November 2010 pukul 18.48 mengatakan...

Tujuan adalah arah yg akan dituju.. disadari atau tidak setiap gerak langkah kita adalah untuk mencapai tujuan atau goal.. kita melangkhkan kaki n keluar dari rumah pasti punya tujuan.. apakah mau beli rokok,, nyapu halaman atau sekedar ngelamun di teras rumah.. itu kan goal nya .. ya ngak ??

Nongkrong Online on 25 November 2010 pukul 09.55 mengatakan...

@saung web n link tea : yupz..bnr sekali n setuju banget.. :)

souvenir pernikahan murah on 27 November 2010 pukul 12.16 mengatakan...

Salam kenal........

Pulsa Elektrik on 29 November 2010 pukul 10.52 mengatakan...

Kalau gak punya tujuan, mau ke mana dong??? Ikut hanyut aliran kehidupan??? Hehehe klu kecomberan gawat deh

Ana Arisanti on 8 Februari 2012 pukul 14.27 mengatakan...

"SUKA" N "SETUJU"

Yahoo US News on 13 April 2013 pukul 18.38 mengatakan...

This is a smart blog I mean it You include accordingly a large amount information about this matter along with subsequently a large amount fervor. You as well recognize how en route for create populace come together at the rear it, perceptibly beginning the responses Youve got a aim now thats not also showy but makes a declaration while gigantic the same as I'm sorry? youre axiom. vast job, certainly.come again? youre saying is fully proper. I recognize to everybody must articulate the same thing, except I immediately assume so as to you position it at home a method to each person be able to comprehend. I too be devoted to the metaphors you set arrived here. They fit thus well through come again? youre irritating en route for articulate. Im positive youll reach as a result numerous citizens by way of what youve got to declare.

US News on 27 September 2014 pukul 17.05 mengatakan...

Great post. I was checking continuously this blog and I'm impressed! Very useful info specifically the last part I care for such info much. I was seeking this particular information for a very long time. Thank you and good luck.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

GEO

Followers

Nongkrong Online Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template