11/11/10

Pentingkah Persiapan Bisnis Online??

persiapan bisnisSemakin majunya perkembangan jaman dan tuntutan dari kebutuhan hidup yang semakin hari semakin tinggi,oleh karena itu setiap orang pasti berusaha untuk mencari tambahan penghasilan. Apa lagi di jaman sekarang ini juga sangat susah mencari kerja,persaingan juga semakin meningkat..heran juga ya,apa manusia sekarang bertambah banyak dan lapangan pekerjaan yang semakin sedikit...tapi itulah fenomena yang terjadi saat ini.

Memutar otak dan memeras keringat..emangnya cucian ea :)

Tapi itulah yang memang harus dilakukan saat ini untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup,salah satu cara atau alternatif adalah dengan mengikuti bisnis seperti saat ini. Yupz..bisnis online...hanya kerja di rumah beberapa jam lantas dapat duit...segampang itu kah???

Dari beberapa sumber yang saya baca terutama dari Cosa Aranda yang merupakan salah satu netpreneur top di Indonesia,beliau mengungkapkan perihal bisnis online itu bahwa orang yang mengatakan bisnis online itu mudah dan gampang adalah bagi orang-orang yang sudah terbiasa dan menekuni di dunia bisnis online..seperti pepatah 'bisa karena terbiasa'..

Lantas apakah bisa pemula yang seperti saya ini..yang notabene tidak tau masalah dunia IT??
(saya sebut dunia IT karena bisnis online banyak dikerjakan dan mengikuti perkembangan dunia IT)

Jawabannya semua orang bisa melakukan bisnis online dengan catatan bahwa dalam bisnis online itu tidak ada yang namanya dalam sekejap bisa menghasilkan uang..semua butuh persiapan. Orang yang hebat adalah orang yang sudah mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini..seperti apa yang dikatakan Cosa Aranda "nekat bukan berarti tidak pake otak". Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk persiapan bisnis online adalah sebagai berikut :
  1. Pahami 100 % pengertian bisnis internet dan macam-macam bisnis internet yang ada. Dengan mencari sumber-sumber referensi yang ada dan dapat dipercaya sebagai langkah awal untuk terjun di bisnis online.
  2. Pilih satu diantara sekian banyak bisnis online yang ada dan dirasakan mempunyai skill dan kemampuan pada bisnis tersebut. Memahami kemampuan diri sendiri itu lebih penting agar dalam melakukan pekerjaan, hasil yang diperoleh juga lebih maksimal.
  3. Kemampuan menggunakan komputer dan internet secara umum mutlak dibutuhkan,karena tidak ada bisnis online satu pun yang bisa dilakukan tanpa mengerti tentang komputer dan internet.
  4. Bahasa Inggris,karena dalam bisnis online adalah bisnis yang mendunia dan kebanyakan bahasa yang dipakai adalah bahasa inggris. Jadi seberapa besar kebencian anda terhadap bahasa ini,patut diasah lagi untuk hasil optimal di bisnis online.
  5. Memiliki rekening bank dan kalo perlu kartu kredit,sistem pembayaran di bisnis online tidak seperti jual beli di pasar nyata yang uangnya langsung dibayarkan atau kita terima. Pembayaran di bisnis online menggunakan e-currency seperti paypal,dan kartu kredit bisa digunakan untuk memverifikasi akun paypal anda. Meski ada juga cara laen seperti penggunaan VCC untuk verifikasi tapi sebaiknya menggunakan kartu kredit asli. Karena pihak paypal bisa saja membekukan akun paypal untuk menanyakan keabsahan akun tersebut.
  6. Mencari informasi yang sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber,agar tidak salah jalan.
  7. Bila sudah siap untuk action,gunakan alternatif yang gratis dulu atau yang berbiaya murah. Hal ini dimaksudkan untuk menekan kerugian modal apabila ternyata mengalami kegagalan. Awal kemungkinan gagal untuk yang pertama dalam menjalankan bisnis online sangat besar.
  8. Bisnis ini butuh waktu,butuh waktu bagi anda untuk belajar,butuh waktu bagi apa yang anda kerjakan untuk memberikan hasil. Selain itu juga dibutuhkan kesabaran dan manajemen waktu yang baik.
  9. Berdoa,yupz sebagai tambahan dari saya pribadi adalah berdoa. Apa pun yang kita lakukan agar senantiasa selalu berdoa untuk diberi kemudahan dan selalu mendapatkan rahmat-NYA.
Bagaimana apakah anda sudah mempersiapkan diri?? Kesuksesan tidak akan datang secara tiba-tiba akan tetapi semua butuh persiapan dan proses..ibarat kue,tidak langsung jadi kue yang enak untuk dimakan. (jadi lapar juga ngomongin kue..hehehe)






10 komentar:

Saung Web on 12 November 2010 pukul 08.31 mengatakan...

Wow keknya harus mulai belajar lagi nih ttg bisnis online dari sobatku ini.. thanks ya sob.

Gayus Tambunan on 12 November 2010 pukul 08.33 mengatakan...

Info yang rinci sob.. saya masih harus banyak belajar soal ini

Mengatasi Error Pada Kotak Komentar on 12 November 2010 pukul 08.35 mengatakan...

Hai sob.. sekedar info aja disini.. ak tahu disana.. kotak komentarnya ada error. word verifikasinya cuma tampil sepotong.. jadi bagi yg gak tahu.. ya.. gak bisa koment dong.. ada tipsnya nih..

Guntur E.C on 12 November 2010 pukul 11.25 mengatakan...

@akang saung : weleh2 sdra kmbar msuk semua..hehehe..
Gak kebalik tuh,kayax saya yg mesti hrs bnyk bljr sm akang saung.. :)

Anas on 13 November 2010 pukul 09.23 mengatakan...

mantap sekali mas guntur 9 persiapan bisnis online nya

saya masih blum fasih berbahasa inggris dengan baik, ya jadinya saya masih ngeblog pakai bahasa indonesia, kepengen banget belajar bahasa inggris biar pnya blog bule. hehehe

mas kode captcha nya dinonaktifkan dong :-) biar komentnya gak repot

Guntur E.C on 14 November 2010 pukul 11.10 mengatakan...

@anas : oce mas anas,mulai skrg jg uda saya nonaktfkn capcaynya..hehehe..klo da yg nyepam tgl delete z kn.. :)
@Fatur Rahmat : sm2 mas,saling berbagi info saja..

CoZyBLOG Belajar dan Berbagi Informasi | Tips | Motivasi | Blog | Bisnis Online | Software on 25 Desember 2010 pukul 19.39 mengatakan...

mantaf gan infonya. klo menurut saya tips yg ke-9 adalah tips yang mesti dilakukan jika ingin dapet ridho dr yang Kuasa. karena manuasia hanya berencana dan TUHAN yang menentukan.

Nongkrong Online Dukung Timnas Garuda on 26 Desember 2010 pukul 09.49 mengatakan...

@CoZyBLOG : Betul banget sob..manusia itu hanya bisa berusaha yang menentukan tetap yang MAHA KUASA :)

Yahoo US News on 13 April 2013 pukul 18.40 mengatakan...

This is the faultless blog pro a person who wants on the way to be acquainted with concerning this area. You be acquainted with as a result a large amount its more or less rigid to fight amid you (not with the purpose of I in actuality would crave. HaHa) You absolutely lay a latest twist scheduled a theme thats been on paper on on behalf of being. grand bits and pieces now large!

US News on 27 September 2014 pukul 17.08 mengatakan...

Such a great analysis! No idea how you were able to say this article..it'd take me days. Well worth it though, I'd suspect. Have you considered selling advertising space on your blog?

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

GEO

Followers

Nongkrong Online Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template